Senin, 17 September 2012

Perbedaaan Panjang Ikatan

Ikatan
Senyawa
Panjang Ikatan
H-O
H2O
0,98
N-H
NH3
1,022
H-F
HF
1,04
C-H
CH4
1,09
H-Cl
HCl
1,31
H-Br
HBr
1,46
H-I
HI
1,65

Perbedaan panjang ikatan dalam suatu ikatan molekul atom H dengan atom lainnya dipengaruhi oleh nomor atom. Semakin besar nomor atom unsur-unsur segolongan, semakin banyak pula jumlah kulit elektronnya, sehingga semakin besar pula jari-jari atomnya Dalam satu periode (dari kiri ke kanan), nomor atomnya bertambah yang berarti semakin bertambahnya muatan inti, sedangkan jumlah kulit elektronnya tetap. Akibatnya tarikan inti terhadap elektron terluar makin besar pula, sehingga menyebabkan semakin kecilnya jari-jari atom. Jadi : dalam satu golongan (dari atas ke bawah), jari-jari atomnya semakin besar dan dalam satu periode (dari kiri ke kanan), jari-jari atomnya semakin kecil.


Selain itu, panjang ikatan juga dipengaruhi oleh jenis ikatan dan elektron bebasnya. Ikatan kovalen lebih kuat dibandingkan ikatan ionik, sehingga memiliki panjang ikatan yang pendek. Elektron bebas membuat ikatan tidak lurus yang menyebabkan daya tarik molekul tidak berpencar ke segala arah, sehingga memiliki ikatan yang lebih pendek dibandingkan atom-atom pada satu periode yang tidak memiliki elektron bebas. Ibarat anda, bila kedua tangan anda masing-masing dibebankan untuk menarik tali dengan sudut tangan 450 tentu lebih kuat tarikannya dibandingkan posisi tangan anda membentuk sudut 1800 (molekul yang mempunyai elektron bebas memiliki ikatan yang kuat).


Itulah mengapa ikatan H-O dan N-H lebih pendek dibandingkan ikatan H-F, padahal seperti yang kita ketahui bahwa F lebih elektronegatif dibandingkan O dan N ( berpengaruh pada jenis ikatan). Namun, ikatan H-F lebih pendek dibandingkan ikatan C-H dikarenakan elektro bebas yang dimiliki ikatan H-F.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar